Mengenal Lebih Jauh Kelebihan dan Kelemahan Investasi Di Pasar Properti Sektor Perumahan

Mengenal Lebih Jauh Kelebihan dan Kelemahan Inv

Kini banyak sekali orang yang lebih melirik untuk berinvestasi pada pasar properti sektor perumahan. Ketertarikan ini lebih banyak jika dibandingkan dengan investasi pada sektor keuangan. Jika Anda pemula dan langsung memilih investasi ini maka bisa saja mendapatkan keuntungan dengan cara dan teknik atau juga prediksi yang baik. Semuanya sangat bergantung pada strategi yang dipakai.

Pada dasarnya semua investasi pasti memiliki kelebihan dan juga kelemahannya masing-masing. Sebagai pemula pengetahuan tentang kelebihan dan kelemahan yang ada dalam investasi properti adalah hal yang penting untuk selalu dipertimbangkan. Dengan pengetahuan yang ada nantinya Anda bisa menggunakan langkah dan juga strategi yang tepat dalam mengantisipasi akan adanya kerugian dan juga akan menambah adanya nilai dari properti itu sendiri.

Kelebihan dan Kekurangan Memilih Investasi di Pasar Properti Sektor Perumahan

1. Mendapatkan Sebuah Added Value Atau Nilai Tambah

Pada saat memutuskan untuk mulai berlatih investasi yang mana pada investasi di pasar properti terutama bidang perumahan, maka Anda akan mendapatkan berbagai macam kelebihan. Kelebihan yang pertama dengan investasi properti adalah mendapatkan nilai tambah. Nilai tambah pada saat Anda berinvestasi akan membawa Anda jauh lebih baik, yang mana ada berbagai macam perkembangan atas bangunan yang ada pada sebidang tanah yang kosong.

Jika Anda berinvestasi dengan cara yang benar dan memilih lokasi yang terbaik, maka dengan semakin tinggi nilai tambah atas investasi properti maka properti yang dijadikan investasi dibangun dengan bentuk yang bagus dan menggunakan pemilihan beberapa aksen dan juga beberapa fasilitas yang menarik bahkan tidak jarang juga akan memakai jasa arsitektur untuk mendapatkan jenis properti yang terbaik dan memiliki nilai jual mahal.

2. Meningkatkan Income Appeciation

Kelebihan lain yang bisa Anda dapatkan dengan memilih berinvestasi pada pasar properti sektor perumahan adalah meningkatkannya income appreciation atau yang dikenal dengan nama pendapatan tahunan. Dengan modal sebidang tanah yang kemudian Anda kembangkan ke dalam bentuk rumah dan beberapa properti lain dengan desain yang menarik nantinya bisa membuat Anda mendapatkan keuntungan tambahan. Keuntungan tersebut adalah properti Anda di lirik oleh banyak investor.

Dengan fasilitas dan desain yang bagus akan menambahkan keuntungan yang lain juga diantaranya adalah mendapatkan pendapatan yang lebih karena adanya kenaikan harga sewa. Pada dasarnya rumah dan properti merupakan jenis investasi yang sifatnya langka dan hal ini terjadi terus menerus jika perekonomian dari sebuah negara selalu tumbuh.

3. Nilai Tanah Yang Dimiliki Semakin Bertambah

Keuntungan lain yang akan Anda dapatkan adalah bertambahnya nilai dari tanah yang dijadikan investasi atau disebut dengan kenaikan Capital Appreciation. Apresiasi akan adanya nilai tambahan ini adalah sebuah keuntungan yang akan Anda dapatkan secara berkala dan tidak langsung dari pemilihan investasi pada pasar properti sektor perumahan.

Perlu Anda ketahui bahwasanya manusia semakin lama dan bahkan setiap saat akan mengalami pertambahan. Meskipun manusia bertambah namun tanah yang ada ini tidak akan pernah bisa bertambah. Dan alasan ini adalah sebuah teori klasik yang paling sederhana bagi Anda sebagai penjelasan mengenai harga tanah yang maka semakin lama akan semakin bertambah dan tidak akan pernah menurun.

4. Wujud Investasi Jangka Panjang

Dengan memilih investasi properti maka Anda akan berada pada jenis investasi dengan jangka yang panjang apabila dibandingkan dengan beberapa investasi lain seperti investasi deposito pada beberapa bank, investasi emas dan beberapa investasi yang lain. Sektor properti memang punya karakter yang dikenal tahan lama.

Bahkan tidak jarang properti juga punya horizon atau sebuah jangka waktu investasi yang berada di angka rata-rata 3 hingga 5 tahun. Dari hal ini dapat diartikan bahwasanya setelah berjalan selam 3 hingga 5 tahun maka ada perkembangan dari nilai properti yang cukup berarti dan bahkan juga memudahkan Anda mendapatkan Capital gain atau selisih dari harga beli dan juga harga jual dari pasar properti sektor perumahan.

5. Ada Hubungan Dengan Pertumbuhan Inflasi

Secara tradisional banyak orang memilih investasi pasar properti sektor perumahan dengan cara membeli tanah serta bangunan yang ada di atas tanah. Hal ini bertujuan untuk menjaga investasi yang ada tersebut bisa tidak mendapatkan pengaruh dari inflasi. Hal dapat diartikan bawa pemilik yang yakin beli properti, maka tidak akan ada nilai yang terhenti sebab akan terus berlanjut.

6. Wujud Agunan Yang Terbaik

Investasi pada pasar properti sektor perumahan tentunya berbeda dengan jenis investasi pada sektor keuangan. Properti adalah sebuah agunan maupun jaminan yang sangat solid. Bahkan pada beberapa negara terdapat sejumlah pihak perbankan yang bisa memberikan pinjaman dana yang mencapai angka 80% dari harga nilai agunan yang dimiliki.

7. Suatu Hal Yang Membanggakan

Apabila Anda bandingkan dengan beberapa jenis investasi lain, Anda akan mendapatkan rasa bangga akan kepemilikan properti yang mana perumahan biasanya memang memiliki nilai yang lebih tinggi. Di zaman dahulu ada yang dikenal dengan sebutan tuan tanah yang mana diasosiasikan untuk julukan orang kaya. Hal ini dikarenakan properti yang ia miliki bisa menghasilkan pendapatan yang berasal dari sewa.

Beberapa hal di atas bisa Anda perhatikan sebagai bentuk dari pengetahuan awal untuk memulai investasi pada pasar properti sektor perumahan. Dengan pengetahuan yang ada maka Anda akan semakin dimudahkan untuk menggunakan langkah dan juga strategi yang paling tepat. Bahkan Anda juga bisa terhindar dari beberapa masalah yang ada dari timbulnya risiko investasi.