Perhatikan Hal Penting Ini Sebelum Menyewakan Rumah

Perhatikan Hal Penting Ini Sebelum Menyewakan R

Tidak jarang orang yang akan memiliki keputusan untuk menyewa dari pada keputusan membeli hunian, jika Anda salah satu diantaranya maka perhatikan beberapa hal sebelum menyewakan rumah. Ada berbagai macam alasan yang menjadikan Anda wajib selalu waspada dan selalu melakukan hal-hal penting. Alasan ini dimulai dari dana yang dikeluarkan untuk membeli rumah belum bagi calon penyewa belum ada, status yang masih lajang atau juga mencari hunian yang dekat dengan rumah.

Faktor yang ada ini menjadikan maraknya pertumbuhan penyewaan rumah yang kini semakin meningkat terutama jika berada di kota besar layaknya Kota Jakarta. Transaksi persewaan rumah di Jakarta memang selalu meningkat, namun perlu diketahui dari beberapa transaksi tersebut banyak juga yang menyewakan tanpa adanya perjanjian kontrak dan hal ini merupakan cara yang salah. Anda sebagai pihak yang menyewakan harus memiliki perjanjian yang mana akan memudahkan Anda maupun penyewa rumah.

Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Menyewakan Rumah

1. Selalu Pastikan Identitas Yang Ada Dari Penyewa

Hal pertama yang wajib untuk Anda perhatikan adalah identitas diri yang dimiliki penyewa. Selalu pastikan bahwasanya data diri yang diberikan adalah data yang benar sebagai mana mestinya. Jangan sampai timbul beberapa kesalahan yang ada pada identitas sehingga menjadikan beberapa hal dan risiko yang tidak diinginkan ketika para penyewa melanggar kontrak persewaan rumah.

Identitas yang harus dipenuhi oleh para calon penyewa adalah nama lengkap, umur, jenis pekerjaan, serta nomor KTP. Masukan identitas yang ada ke dalam kontrak sewa dan jangan lupa agar sesuaikan biodata dengan identitas yang ada di KTP. Anda juga sebagai pihak pertama juga wajib untuk mengisi identitas sebagai pemilik rumah dan untuk pihak kedua mengisi sebagai penyewa rumah.

2. Perhatikan Harga Sewa dan Masanya

Hal lain yang wajib juga untuk diperhatikan sebelum menyewakan rumah adalah mengenai harga dan juga masa yang disepakati. Hal ini bertujuan agar mencegah adanya hal yang tidak diinginkan seperti pengusiran secara paksa oleh pihak pemilik rumah. Harga dan juga masa sewa biasanya akan ada pada surat kontrak dengan jelas. Anda harus memastikan kesepakatan semuanya pada awal perjanjian mengenai cara serta metode yang digunakan untuk pembayaran. Bahkan juga cara pembayaran akan bulanan atau juga tahunan.

Sebelum menyewakan rumah akan lebih baik jika Anda juga mencantumkan hal ini ketika penyewa sudah mulai untuk menempati rumah. Hal lain yang perlu dicantumkan juga adalah kapan waktu kontrak rumah akan berakhir. Jika beberapa hal ini tidak tercantum, maka akan menjadi hak dari penyewa akan berkurang sebab kapan saja Anda bisa menaikkan harga bahkan juga mengusir para penyewa. Oleh sebab itu pastikan semuanya tercantum termasuk uang pengembalian ketika selesai masa kontrak.

3. Waktu Pembayaran Tagihan

Pada dasarnya hal ini memang kerap kali terlupakan pada saat menyewakan rumah sebab sering masalah ini dianggap sepele oleh kedua belah pihak. Sebenarnya masalah ini sering merupakan sebuah masalah yang wajib untuk ada pada kesepakatan perjanjian kontrak. Pembayaran mengenai sewa wajib untuk disampaikan para calon penyewa karena kebanyakan penyewa menganggap bahwa harga sewa sudah termasuk dengan tagihan lainnya.

Selalu pastikan bahwasanya harga sewa yang ada telah termasuk pembayaran dari tagihan listrik, tagihan air, tagihan telepon, bahkan juga tagihan televisi satelit jika sudah termasuk. Namun jika belum juga Anda wajib untuk menyampaikannya. Apabila sudah termasuk, maka langkah yang paling tepat sebelum menyewakan rumah adalah dengan membuat perjanjian secara tertulis dan jika tidak maka hal ini akan menjadi tanggung jawab para penyewa rumah.

4. Perawatan Rumah

Langkah lainnya Anda wajib untuk memastikan adanya hal yang mungkin dapat dilakukan penyewa pada rumah yang telah disewa. Jangan sampai Anda melontarkan protes ketika masa sewa yang disepakati berakhir dengan alasan penyewa lalai untuk rumah yang disewanya.

Beberapa hal tersebut wajib untuk Anda perhatikan sebelum menyewakan rumah. Sebab pada dasarnya Anda dan penyewa harus memiliki hubungan yang baik. Sehingga harus ada beberapa persiapan yang wajib dilakukan agar bisa menjaga hubungan yang baik dan juga terhindar dari risiko.